Kemenag imbau Pembayaran Dam Jemaah Haji di Tempat Resmi

Kemenag imbau Pembayaran Dam Jemaah Haji di Tempat Resmi

18 Aug 2017 13:24

Jakarta (Sinhat)—Kementerian Agama yang dalam hal ini Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah menghimbau kepada seluruh Jemaah haji Indonesia yang akan membayar dam (denda) untuk melakukan jual beli atau pemotongan hewan kurban dan dam melalui tempat-tempat resmi yang telah ditentukan oleh pemerintah Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar dalam surat edaran yang dikeluarkan Kemenag. Rabu (16/08/2017).

“Bagi Jemaah haji yang akan membayar dam atau pemotongan hewan kurban agar dilakukan ditempat resmi yang ditunjuk Pemerintah Arab Saudi,” kata Nizar.

Dalam surat tersebut, Kemenag menindaklanjuti dari surat Ketua PPIH Arab Saudi dan surat dari Muasassah Muttawwif Jemaah Haji Asia Tenggara dan jika ditemukan oknum-oknum broker yang melanggar peraturan baik dalam hal jual beli hewan, pemalsuan kuitansi pembayaran dan pemotongan hewan ditempat yang tidak resmi, maka akan dihukum oleh badan investigasi dan penuntutan sesuai dengan hokum yang berlaku.

“Bila ada oknum-oknum yang melakukan hal tersebut, maka akan diberikan sanksi hukum yang berlaku,” ujarnya.

Surat himbauan tersebut ditujukan kepada seluruh Panitia Penyelenggara Ibdah Haji (PPIH) Embarkasi dan Arab Saudi.(ha/ha)

Source: https://haji.kemenag.go.id/v3/content/kemenag-imbau-pembayaran-dam-jemaah-haji-di-tempat-resmi
Ditulis oleh Anggoro Husni